PROFIL
MADRASAH ALIYAH AL ISLAMIYAH I
A.
Identitas Madrasah
Nama
Madrasah :
Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I
Nomor
Statistik Madrasah :
131235280014
Nomor
Pokok Sekolah Nasional : 20584348
Status : Swasta Terakreditasi A
Nomor
Telp/Fax : -
Alamat : Dsn. Sumber Batu Desa Blumbungan
Kecamatan :
Larangan
Kabupaten/Kota : Pamekasan
Kode Pos : 69384
Tahun
Berdiri : 1982
Program
Yang Diselenggarakan : IPA dan IPS
Waktu Belajar : Pagi ( 07.00 – 13.00 ) Wib
B. Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah
Madrasah Aliyah Al-Islamiyah I Dusun Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan didirikan
pada tanggal, 01 Juli
1982 oleh KH. M. Chalil Minhadji selaku Ketua Yayasan As-Syahidul Kabir. Kemudian diresmikan oleh Kepala
Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa
Timur pada tanggal 26 Oktober 1983 dengan Nomor: L.m./3c/303c/1983.
a.
Kondisi
Objektif Madrasah
Tanah
dan Bangunan :
§
Luas Tanah :
1.196 m2 (yang belum terpakai)
§
Luas Bangunan :
1.792 m2
§
Status Tanah :
Akte
C. Visi, Misi Dan Tujuan
Madrasah
a.
Visi
Terwujudnya Pendidikan Bekualitas, Insan Terdidik di Bidang IMTAQ dan IPTEK
b.
Misi
1.
Mengimplementasikan Pendidikan Berkualitas
2.
Mendorong aktifitas dan kreatifitas siswa secara optimal
demi tercapainya insan terdidik
3. Menanamkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT. yang
Berakhlakul Karimah melalui Pendidikan Agama
4.
Mengembangkan intelektualitas dan skil siswa di bidang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
c.
Tujuan
Dengan
berpedoman pada visi dan
misi yang telah dirumuskan sesuai kondisi
di madrasah, maka tujuan
madrasah yang ingin dicapai pada tahun pelajaran 2019/2020 adalah
sebagai berikut:
Tujuan Umum
Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan Khusus
· Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
· Berpengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
· Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
2. Merumuskan struktur kurikulum
Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.
3. Penyelenggaraan Pelayanan Belajar
Terselenggara
pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan,
pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran dengan indikator
· Seluruh
guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan
prestasinya.
· Disain
pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai koteks satuan pendidikan
· Memenuhi
standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan
metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
· Mendayagunakan
sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari
kongkrit sampai yang abstrak.
· Mendayagunakakan
kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa
secara bijak.
· Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.
· Mengoptimalkan
pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.
· Meningkatkan keunggulan
siswa secara kolaboratif.
· Mengevaluasi perkembangan
belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
· Mengembangkan inovasi
pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.
4. Penilaian
Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku indik siswa, dan (g) rapot.
Click to Download :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar